Sabtu, 01 Februari 2014

kering tempe, kacang, teri



Lauk yang satu ini favorit papa dan aka....ga cuma buat lauk nasi, tapi juga buat cemilan. Rasanya yang gurih, manis, asam, asin emang mantap di lidah apalagi perpaduan gurih khas tempe, kriuk kacang dan kremes teri....hmmm.....azka bisa habis 2 sendok nasi dengan lauk kering tempe ini...



Resepnya lagi lagi dari ncc indonesia yang saya intip di blognya mbak nina catatan nina cuma saya modif sedikit dengan tambahan teri dan asam. gulanya saya kurangi jadi 4sdm karena menurut lidah saya kemanisan sih hehe....gunakan teri yang tipissssssss biar renyah ya...



RESEP KERING TEMPE
Bahan
2 papan tempe, iris tipis atau iris korek api
2 genggam kacang tanah, saya 4 genggam ;p
1 mangkok ikan teri halus, resep asli ga pakai
1 ruas lengkuas, saya skip
2 lembar daun salam
5 sdm gula, saya 4 sdm
1 sdt garam
Air 100 ml, saya 100ml air + 1 sdm asam = 100ml air asam :)
Minyak secukupnya

Bumbu halus (saya iris, hehe dasar emak pemalas)
10 bawang merah
5 bawang putih
5 lombok besar, saya lombok keriting
3 cabe rawit, sy skip

Cara pembuatan

  1. Goreng tempe, kacang dan teri secara terpisah sampai kering dan renyah
  2. Tumis bumbu, daun salam dan lengkuas dalam 2 sdm minyak
  3. Tambahkan air asam, garam dan gula...incip incip.masak hingga mengental
  4. Tambahkan 2 sdm minyak
  5. Masukkan tempe dkk, aduk rata. Angkat, dinginkan dan simpan dalam toples 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar