Jumat, 31 Januari 2014

pancake pertama saya... BUTTERMILK FLUFFY PANCAKE




Dari dulu tahunya kue apem, cucur, martabak manis dan serabi.....ternyata kue yang namanya pancake mirip mirip serabi ya hehe....cuma sering dengar dan baca "pancake" tapi ga pernah tahu bentuknya apalagi rasanya.sering sih nonton di film orang bikin sarapan kue bertumpuk tumpuk di piring, tapi ga ngeh juga kalo itu namanya pancake

Awalnya lihat di fb temen yang posting foto pancake, penasaran akhirnya searching sana sini.....tahulah saya apa itu pancake dan resepnya sekaligus. Telur cuma 1, bikinnya cepet dan katanya rasanya pun yummy membuat saya ingin mencoba, tapi oh tapi koq ya ga sempat juga. Sampe akhirnya hari senin kemarin setelah masak buat buka puasa, koq masih setengah 6 dan kebetulan belum ada takjil, tadinya mau langsung makan besar aja hihi...akhirnya saya buatlah pancake ini, bener aja 20 menit dah siap....rasanya lembut dan ringan, disiram madu atau dimakan dengan selai strawberry so yummy..entah karena lapar atau emang enak, saya habis 6 pancake sekaligus ;p kayanya bakalan jadi sarapan andalan nih hehe...lain kali mau coba toping lainnya....oh iya 1 resep ini jadi 12 biji, saya pake sendok sayur kecil dan menurut saya sih pas :)

Resep buttermilk fluffy pancake
By martha steward
Sumber : hesti's kitchen foto pancakenya bikin saya ngiler, makasih mbak hesti sudah berbagi resep

Bahan
128 gr terigu protein sedang
1 sdt baking powder (saya pakai BPDA)
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam
1 1/2 sdm gula pasir
1 butir telur, kocok lepas
130-150 ml susu + 2 sdm jeruk nipis, biarkan 10 menit (saya pakai susu bubuk instan 27 gr+air 150 ml + jeruk nipis 2 sdm)
2 sdm unsalted butter, lelehkan (saya pakai salted butter)

Cara pembuatan

  1. Campur bahan kering, terigu, bpda, baking soda, gula, garam. Aduk rata
  2. Masukkan cairan, telur, susu dan mentega cair, aduk dengan whisk sebentar saja, jika ada yang bergerindil biarkan saja.jangan overmix karena hasilnya pamcake akan keras
  3. Panaskan teflon datar dengan api sedang, tuang 1 sendok sayur adonan, jika sudah berlubang-lubang balik, angkat jika sudah kecoklatan
  4. Panas panas beri mentega, siram dengan madu atau makan dengan olesan selai....hmmmm yummy....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar