Senin, 03 Februari 2014

MY FIRST TCCC FOR 3rd WEDDING ANNIVERSARY




Anniversarynya tanggal 9 januari lalu, cakenya pun dah tandas jauh jauh hari, tapi postingnya baru sekarang hihihi..ga papa lah dari pada tidak sama sekali.... ;p

Anniversary dan birthday sebelum-sebelumnya saya selalu membuat cake dengan buttercream, baik untuk filling maupun decorasinya. Alhasil papanya aka cuma makan sepotong kecil, hanya untuk nyenengin saya kayanya hehe.....maklumlah papanya aka ga terlalu suka bc, terlalu enek n manis kayanya....

Jadilah di anniversary pernikahan awal januari lalu saya ublek-ublek mbah google buat cari cake yang sesuai selera suami. Cake, roti, kue, ice cream atau makanan apapun papanya aka pasti pilih yg rasa coklat. Googling sana sini dapet 3 cake coklat yang kayanya lazis...opera cake, devil's food cake dan triple chocolate caramel cake.

Karena baru tau kalo di dunia ini ada 3 cake itu hihihi....maklum maklum newbi banget di dunia perbakingan.....jadi saya pilih yang paling ga ribet dan bahannya ga terlalu berat di kantong, jadi kalo gagal ga rugi - rugi amat lah :D

Jadilah saya pilih triple chocolate caramel cake alias tccc, resepnya saya lihat di ricke's ordinary kitchen tapi untuk ganache saya pakai resep ncc yang diposting sama mbak viani..hasilnya nyoklaaaattttt, moist hmmmm enaaaakkk....daaaannnnn papanya azka suka, 1 cake ini habis dalam 3 hari....ga mungkin lah sekali libas abisss hehe...lain kali sy pasti akan coba devils food cake dan opera cake.....penasaraaaannnnnn.....



Tccc pertama saya rasanya sesuai ma lidah saya tapiiiii untuk urusan dekorasi masih amburadul, penyebabnya...waktu gacahe sudah jadi saya tanpa pakai mikir langsung masukin remahan coklat sisa bikin hiasan coklat. Dan ternyata remahan coklat yang sedikit ini menyumbat spuit....arrghhhhh jadilah saya  paksa semprotkan sekenanya dan ga rapi sama sekali. Pelajaran berharga buat si sok tau seperti saya hihihi...

Hiasan coklatnya pun simple buangettttt....kan baru pertama....ternyata ga semudah apa yg sy lihat di youtube ya hehe mau bikin yang macem macem eh gagal semua, ya udah lah pake coklat yg dipatah patahin aja...3rd nya pun terpaksa nyasar ke bawah soalnya spacenya g cukup hehe

Semoga di tahun pernikahan kami yang masih 3 tahun ini, kami bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warrahmah amin....

Ini resepnya ya.....
TRIPLE CHOCOLATE CARAMEL CAKE
By. Teh uceu
Sumber. Ricke's ordinary kitchen

Bahan
10 butir telur
150 gt gula pasir
1 sdm emilsifier
140 gr terigu
60 gr coklat bubuk
75 gr DCC
100 gr margarin

Cara pembuatan

  1. Panaskan oven di suhu 170oC, alasi loyang dengan kertas roti
  2. Cairkan margarin, tambahkan DCC aduk sampai memcair, dinginkan. Gunakan api kecil atau matikan api saat memasukkan dcc agar tidak gosong
  3. Ayak tepung terigu dan cocoa powder, sisihkan
  4. Kocok telur, gula dan emulsifier sampai putih dan mengembang
  5. Tambahkan ayakan tepung terigu, aduk balik
  6. Tambahkan campuran margarin dan dcc, aduk balik
  7. Tuang di loyang, oven di suhu 170oC sampai matang

Caramel sirup
100 gr gula pasir
150 ml air

Panaskan gula dan 50 mll air hingga terbentuk caramel, tambahkan 100 ml air, masak hingga gula larut semua

Ganache coklat ncc
Sumber: viani-cookies

600 gr dcc
300 gr whipped cream
125 unsalted butter

Tim dcc, masukkan butter
Kocok whipped cream sesuai petunjuk kemasan
Campir keduanya, aduk sampai rata

FINISHING

  1. belah cake menjadi 2 dengan pisau tipis dan panjang
  2. Siram cake dengan caramel sirup
  3. Oles selai strawberry tipis saja 
  4. Oles ganache dengan tebal lk. 1 cm
  5. Tutup dengan cake setengahnya
  6. Hias sesuai selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar